Pergantian Ibukotaaa kurangi macet | Indonesia

 Jakarta - Berbagai usulan ditawarkan untuk mengurangi kemacetan di Jakarta, termasuk pemindahan Ibukota. Hal itu bisa dimulai dengan memindahkan kantor-kantor kementerian.

"Jadi yang perlu dilakukan adalah memindahkan beberapa fungsi pemerintahan. Misalnya kantor Kementerian Perhubungan dipindahkan ke Makassar, atau yang lain. Supaya berkurang aktivitas di Jakarta," kata Dosen Kajian Perkotaan Universitas Indonesia, Hendricus Andy Simarmata dalam diskusi 'Kapankah Jakarta Terhindar dari Kemacetan Lalu Lintas' di DPR, Senayan, Jumat (30/7/2010).


Menurut Hendri, memindahkan pusat pemerintahan dari Jakarta lebih mudah daripada memindahkan pusat-pusat bisnis. "Ini soal apakah pemerintah mau. Karena kalau memindahkan pusat bisnis, seperti pusat perbelanjaan itu lebih sulit," kata dia.

Hendri juga mengatakan, cara lain yang bisa dilakukan adalah segera merealisasikan alat transportasi massal yang lebih baik.

"Jadi segera direalisasikan koridor busway yang lain, supaya semakin banyak. Lalu MRT juga direalisasikan," kata dia.

Selain itu, menurut dia, tingkah laku masyarakat juga harus dibenahi untuk mengurangi kemacetan.

"Kelakuan masyarakat juga harus dibenahi, jangan sembarangan di jalan. Lalu, harus ada tindakan tegas untuk mengurangi masalah kemacetan yang ada," tutup dia.
sumber : detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Kommen